-->
Admin
Admin Saya adalah blogger yang angin anginan untuk menulis

Estetika politik dalam sebuah pekerjaan

No comments

Pekerjaan tidak lepas dari yang namanya beban dan tanggung jawab setiap bait nya terdapat beberapa kewajiban yang harus di jalan kan. Anda sebagai fresh graduate baru pertama kali menjalani sebuah pekerjaan di perkantoran. Namun merasa ada ketidak adilan atau tekanan yang mengganggu akibat politik kantor yang terjadi pada rekan kerja antara bawahan dan atasan itu. Lalu bagaimana kita harus menyikapi nya? Ikut berperang atau mencari aman?. Bisakah kita mencari jalan aman untuk ini? Rasa kesal akibat tuntutan bos yang sangat banyak di tambah lagi rekan kerja yang sengaja ingin menjatuhkan mu ini adalah hal yang sangat wajar. Kamu akan menang apabila menganggap hal ini bagian dari retrorika pekerjaan. Teman dan sahabat sejati mu tidak berada disana. Akan tetapi seekor alat yang di miliki kantor untuk di pekerjakan dan jangan lupa kamu bagian nya.


Sekilas tentang politik kantor

Politik merupakan sebuah cara yang di lakukan manusia untuk mendapatkan sesuatu baik cara yang baik atau pun buruk. Akan tetapi penekanan pada politik bisa anda tekan dengan tidak menganggap iini adalah bagian dari hidup anda. Orang yang berpolitik dengan anda ibarat seekor binatang yang telah di berikan tugas untuk menjalankan perintah, untuk itu jangan anda anggap politik kantor sebagai bagian dari estetika kehidupan. Yang namanya politik itu identik dengan kekejaman, anda harus memaklumi itu, prinsip nya adalah ketika tidak berada dilingkungan kantor anda benar benar tidak mengenal siapa mereka, karena hal yang baik tentu berada pada siklus status sosial biasa akan tetapi politik kantor bukan status sosial tapi, perebutan kekuasaan ataupun pujian dari atasan untuk mendapatkan sesuatu. Dimana ini harus di sikapi dengan bijak sana dengan kepala dingin dan menyusun sebuah strategi, ketika seseorang telah menjadi anjing, maka anda tidak harus pula menjadi harimau untuk menerkam karena anda akan lebih di kurung atau disiksa oleh kawanan lainya. Hal yang harus anda hadapi adalah dengan kepala dingin dan menyusun strategi, cara strategi ini bukan tentang bagaimana mematikan nya akan tetapi sebuah teknik yang digunakan untuk keberanian dalam melawan sebuah kebijakan. Benar ketika seseorang menganggap tekanan itu sebagai ancaman maka ia akan berkata ini bukan pekerjaan tapi di kerjain. Ingat hal seperti ini dapat membawa pengaruh negatif pada mindset anda, oleh karena itu lakukan lah dengan berkepala dingin dan menyusun strategi dengan mencari jalan aman untuk diri anda dan karir anda.

Beberapa orang menganggap rekan kerja tidak sepenuh nya rekan karena mereka sama sama mencari kehidupan untuk kita, berbeda dengan seorang pengusaha ya karena biasanya akan lebih kejam dari seorang pengusaha namun kita tidak membahas nya kita akan membahas tentang menyikapi politik kantor ini.

Sikap yang tepat menghadapi politik kantor

Hal yang pertama dilakukan adalah dengan mencari satu teman kantor yang anda percayai meski tidak seharus nya mempercayai seratus persen akan tetapi anda bisa bekerjasama untuk membangun pondasi yang kuat dengan saling bantu membantu, lalu anda akan melakukan sebuah pertemuan untuk menjalin keakraban, langkah awal ini adalah untuk menentukan bagaimana kondisi yang sbenarnya dari politik kantor . setelah terjalin hubungan yang baik mulai lah untuk bercerita keluh dan kesah masing masing yang di rasakan, namun tidak berhenti disini anda boleh mencari rekan rekan yang lain untuk bergabung demi menjalankan strategi untuk menghadapi politik kantor.

Sikap yang kedua yaitu menerima arahan yang menyebalkan dari bos dan usahakan kerjakan dengan baik dan benar terlebih dahulu, cari celah dari pekerjaan anda untuk membuat nya berpikir agresif dimana letak kelemahan nya untuk tidak menindas anda, misal dengan memberikan petunjuk bahwa yang anda lakukan semuanya telah berhasil, dan sedikit berkata kata dengan ini lah aku berperilaku tanggung jawab sebagai manusia. Dengan perkataan ini biasanya membangun substatif yang membekas pada seseorang karena pembuktian dan kehebatan anda salam bekerja namun tidak di hargai, lalu ia akan menganggap bahwa dirinya bukan manusia.

Tidaki terlepas dari ini dengan mengerjakan seluruh hal berat sendiri tanpa bantuan sekalipun karena anda tahu ini bukan lah sebuah pekerjaan melainkan di kerjai, akan tetapi tunjukan bahwa anda bisa lalu beri apresiasi diri aku bukan bodoh tapi aku mampu bertanggung jawab dan berbeda level dengan yang ingin menjatuhkan anda. Ceritakan ini dengan teman anda yang telah di dapatkan tadi jangan sungkan karena ini akan membangun stigma kerja sama yang konkret lagi jangan lupa dengar kan balik cerita dari nya dan jangan lupa berikan dia apresiasi.

Ketika anda sudah mendapatkan tim ini anda bisa melawan politik kantor dengan mudah apalagi atasan yang cerewet karena kita sudah berteman dengan pegawai senior alias teman yang sudah kita dapatkan tadi.

Baik sekian penjelasan singkat kali ini semoga bisa bermanfaat untuk anda, jika ada yang ingin di tanyakan silahkan tuliskna di kolom komentar. Terimakasih.

Admin
Admin Saya adalah blogger yang angin anginan untuk menulis

Comments